Baso Tahu Siomay Bandung

Baso Tahu Siomay Bandung

Resep aslinya adalah Resep Mpek-mpek yang saya dapat dari Mbak Tia Jalil, tapi kemudian saya modifikasi jadi Resep Baso Tahu & Siomay Bandung. Komposisinya juga sakadaek alias semaunya saya.. :mrgreen:

BAHAN:

1 mangkok ikan tenggiri, dikeruk dagingnya, kemudian diblender sampai halus
3/4 sampai 1 mangkok air dingin, dicampur dengan garam secukupnya (saya biasa pakai 3/4 mangkok air supaya tidak terlalu encer & ikannya lebih berasa)
4 siung bawang putih haluskan.
2 batang daun bawang iris halus
1 sdm minyak kelapa.
3-5 sdm tepung kanji.
Merica secukupnya.
1 butir telur
Tahu putih, potong segitiga & bagian tengahnya dikerok (kerokannya masukkan ke adonan ikan)
Kulit pangsit. Kentang. Telur.

CARA:

  1. Aduk ikan & air yang sudah diberi garam, aduk sampai kental seperti bubur
  2. Tambahkan bawang putih halus, beri merica secukupnya & minyak
  3. Tambahkan telur & daun bawang, aduk terus sampai rata
  4. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk & sampai bisa dibentuk
  5. Panaskan kukusan
  6. Ambil tahu, sendokkan bahan isi ke dalam tahu, masukkan ke dalam kukusan
  7. Ambil selembar kulit pangsit, sendokan bahan isi di atas pangsit, masukkan ke dalam kukusan

BAHAN SAUS KACANG:
Kacang tanah sangrai. Kecap manis. garam, gula pasir. Goreng sebentar: bawang merah, bawang putih, cabe merah

CARA:
Tumbuk kacang, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah sampai halus. Tambahkan garam, gula pasir dan air matang. Tambahkan kecap manis & aduk sampai rata.

About these ads

21 Responses

  1. Wah udah mulai pinter masih nih…sukses yah!..

  2. waduh jadi lapeur… :(

  3. salam kenal yaaa…
    duh paling ngga tahan liat somay deh..dah berapa lama yah gak makan somay? :((

  4. ukuran untuk resep kalau bisa pakai gram atau cc agar lebih mudah saya ingin bertukar resep yang lain misalnya es teler

  5. salam kenal ya, lagi kangen siomay, browsing trus sampe deh ke sini…

  6. maaf diundi atau tidak somay nyaaaaa

  7. Mba, kl bumbu kacangnya di blender, enak ga ya…[males banget ngulek2] :-)

  8. Hai Nia, sy sih selalu pake blender… abis cappeee dee:)

  9. salam kenal yaw….
    lagi laper nich….
    boleh dunk… dipaketin….
    GRATIS yaw. hehehe

  10. hai.. nia ukuran mangkok nya segimana aku kan punya manggkok ukuran baso, mangkok ukuran kecil gitu loh… (kayak temon)

  11. Baso tahu dari Bandung memang enak sekali
    Heeerlijk, lezat , sedaapp, ngilwer nih

  12. malam2 gini enaknya makan somay hmmm yumiiiiiiiiiii……..

  13. Makasih y mb. resepny.ni mau d cba d lab. Smoga b’hasil y.He3

  14. itu untuk berapa potong mba…

  15. asw…salam kenal….^_^

  16. Jangan salah lho bikin’ya zusah2 gmpang, tp hsilnya oenaaaaaaaaaaaaaaak…..alnya ku jg funya rsefnya, azli dri Bandung.he!!!

  17. mama saya bikinnyaenak loh>>>>>>

  18. nyalin resepnya ya.. makasih :D

  19. Mantap repnya (y), selamat mencoba… “bagi yang ga mau repot bikin, tapi mau bisnis Baso Tahu Bandung fresh ” bisa beli ke

    http://basotahutibandung.blogspot.com/

    ijin iklan ya admin :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: